20 Juli 2024

UPTD Perbibitan Tanaman Pertanian

 UPTD Pembibitan Pertanian meliputi dua kebun yaitu kebun Kesongo dan kebun Pakopen. Sebagai pendukung keberlanjutan pertanian dalam pembibitan yang berkualitas dan bermanfaat bagi petani di Kabupaten Semarang.

  1. Kebun Kesongo

Terletak di Dusun Tapen Desa Kesongo Kecamatan Tuntang. Berdiri diatas lahan seluas 8.000 m2 dan luas pertanian khusus sawah 24.406 Ha. Kebutuhan benih padi mencapai 1.220,3 ton/tahun. Pembentukan kebun Pakopen ini bertujuan meningkatkan produksi padi petani melalui penggunaan benih unggul dan bersertifikat, menyediakan benih padi unggul dan bersertifikat, mengoptimalkan penggunaan alat pertanian untuk digunakan petani, serta pengelolaan laboratorium untuk mengendalikan hama dan tanaman potensi yang ada di kebun. Sarana dan prasarana yang tersedia antara lain alat-alat pertanian, gedung laboratorium hama dan penyakit, serta gedung pertemuan.

2. Kebun Pakopen

Kebun Pakopen  terletak di Dusun Pakopen Desa Pakopen Kecamatan Bandungan dengan luas lahan 2.255 Ha. Pembentukan kebun ini bertujuan mewujudkan tersedianya benih/bibit hortikultura yang berkualitas, mengembangkan tanaman hortikultura unggulan lokal, mengembangkan percontohan kaji terap teknologi hortikultura dan mendorong pemberdayaan sumber daya manusia hortikultura. Untuk mendukung operasional kebun dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana antara lain sawah, pekarangan, gedung pertemuan dan kantor, gudang sarana, green house, rumah lindung, gasebo, kolam dan paving blok.